Home » » Selayang Eksplanasi tentang Keuangan Usaha Cafe

Selayang Eksplanasi tentang Keuangan Usaha Cafe

Selayang Eksplanasi tentang Keuangan Usaha Cafe. Dalam management keuangan, suatu usaha ada yang dimaksud laporan cash flow, laporan untung rugi dan neraca. Termasuk dalam perihal bisnis kafe. Arus Kas adalah neraca keuangan yang maknanya laporan dana kas perusahaan yang ada. Atau dapat juga disebutkan pendataan negosiasi keuangan yang memanfaatkan uang kontan.

Keuangan Kegiatan Cafe

Laporan Neraca sebagai laporan akunting yang lihat keselarasan asset upaya dengan keharusan sebagai tanggungan. Dalam laporan akunting untung rugi usaha cafe, ada sekian banyak soal seperti berikut yang dikutip dari Kafe Kolong:

1. PENDAPATAN PENJUALAN

Hasil penerimaan ini dapat datang dari pemasaran produk pokok dari usaha itu atau pemasaran dari produk sambilan dapat juga diberi nama pemasaran lain. Dalam masalah ini usaha cafe, produk yang dijajakan ialah makanan dan minuman.

Apabila terjadi pemasaran kepada minuman serta makanan oleh karena itu ditempatkan dalam pemasaran produk pokok. Sementara itu yang masuk pemasaran sambilan atau lainnya misalkan seperti merchandise atau pemasaran meja dan bangku.

2. HARGA POKOK PENJUALAN

Harga Primer Pemasaran (HPP) yakni cost yang wajib dikeluarkan sebelumnya produk itu dipasarkan. Umpamanya pembelian minuman sachet, gula pasir, bahan baku, es cream, gelas paket plastic, dan seterusnya.

3. BIAYA OPERASIONAL

Yang termaksud di sini ialah penghasilan pegawai, administrasi usaha (nota penjualan), ongkos overhead (listrik serta air), cost penyusutan, cost dibayarkan diawal/ cost sewa bangunan, ongkos promo atau iklan,cost perawatan (bangunan, bangku,meja, serta interior) dan ongkos berlangganan (internet).

4. PERHITUNGAN BEP (BREAK EVENT POINT)

Pada biasanya orang menjelaskan kalau BEP atau titik impas yaitu perolehan titik 0 saat lakukan investasi. Maka diharap selesai titik 0 itu bisa raih keuntungan serta dihitung berdasar waktu bulan atau tahun.

Bila kita mau pertimbangkan BEP karenanya studi untung rugi yang bisa memastikannya. Tapi kalau ingin hitung tingkat pengembalian atas investasi kita (Return of Investment), jadi harus memerhatikan diagnosis neraca usaha.

 

Selayang Eksplanasi tentang Keuangan Usaha Cafe